Jumat, 01 Oktober 2010

Kopi Luwak Buatan Indonesia

Civet Coffee atau yang biasa dikenal dalam istilah Indonesia “Kopi Luwak” merupakan sebuah jenis kopi yang sangat termasyur di kalangan penikmat kopi. Kopi buatan Indonesia ini, bukan hanya rasanya yang dinilai spesial, tetapi juga harganya. Kopi luwak bisa mencapai kisaran harga US $100 per 450 gram. Kopi Luwak adalah seduhan kopi menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biiji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak.

Kemasyhuran kopi ini diyakini berawal sejak dekade 1950-an dimana waktu itu perkebunan kopi dibuka besar-besaran pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Dan masih banyak binatang luwak tersebut. Binatang luwak senang sekali mencari buah buahan yang cukup baik termasuk buah kopi sebagai makanannya. Biji kopi dari buah kopi yang terbaik yang sangat digemari luwak, setelah dimakan dibuang beserta kotorannya, yang sebelumnya difermentasikan dalam perut luwak. Dan menurut keyakinan, rasa kopi luwak ini memang benar - benar berbeda dan spesial dikalangan para penggemar dan penikmat kopi.

Kopi Luwak yang diberikan oleh Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono kepada PM Australia, Kevin Rudd, pada kunjungannya ke Australia di awal Maret 2010 menjadi perhatian pers Australia karena menurut Jawatan Karantina Australia tidak melalui pemeriksaan terlebih dahulu. Semoga Pemerintah Indonesia mau mempatenkan produk yang cuma bisa ditemui di Indonesia ini. Karena sudah banyak Prroduk Indonesia yang dicuri oleh Negara lain. Maka dari itu Kopi Luwak semoga bisa cepat di patenkan, dan dipasarkan ke negara lain menjadi ciri khas kopi buatan Indonesia.

sumber Asli:
http://www.herdianto.web.id/2009/09/kopi-luwak-asli-indonesia.html


http://groups.yahoo.com/group/AdaCom/message/546

1 komentar:

faisal mengatakan...

di mana kami bisa memasarkan kopi luwak jika kami mempunyai kopi tersebut dan berapa biasanya di terima di pasaran apa bila kami sanggup mensuplai 20 kilogram dalam waktu 7 hari. trim.s
by. plbg_faisal@yahoo.com